Mau Tanaman di Apartemen Tetap Segar? Ini Tips-nya!

Mau Tanaman di Apartemen Tetap Segar? Ini Tips-nya!

Tinggal di apartemen terkadang memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah perihal terbatasnya ruang hijau. Tak seperti tinggal di rumah tapak, bertanam di apartemen mengharuskan Anda untuk memutar otak agar tanaman yang di tanam tetap tumbuh sehat dan subur. Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan menanamnya sendiri di pot atau vas. Namun yang perlu diperhatikan, berkebun di apartemen jelas berbeda dengan berkebun langsung di tanah.

Faktor cahaya matahari dan kadar air yang terbatas sering menjadi kendala yang menyebabkan tanaman tidak segar dan cepat layu. Nah, untuk mencegah hal tersebut, berikut 5 tips sederhana dan mudah yang bisa Anda lakukan agar tanaman di apartemen tumbuh subur dan tetap segar.

1. Pilih Jenis Tanaman Yang Sesuai

Pada dasarnya Anda bebas memilih jenis tanaman yang akan Anda tanam. Namun, lagi-lagi keterbatasan lahan tidak boleh dilupakan. Pilihlah tanaman yang tidak bertumbuh besar, menjalar atau mengakar ke berbagai arah. Bukan hanya tak enak dipandang, hal ini juga akan menyebabkan apartemen terlihat penuh dan sempit. Beberapa alternatif tanaman yang bisa Anda pilih adalah lily paris, sansieverra, anggrek bulan atau kaktus.

2. Cukup Sinar Matahari

Kondisi bangunan apartemen yang menjulang ke atas (vertikal) kerap membuat masuknya sinar matahari tidak merata ke seluruh ruangan. Nah, Anda perlu menempatkan tanaman di lokasi yang cukup terpapar cahaya matahari, misalnya pada balkon atau dekat jendela. Seperti yang diketahui, sinar matahari berperan penting untuk proses fotosintesis dan pertumbuhan tanaman.

3. Jangan Terlalu Banyak Air

Secara umum, Anda pasti berpikir kondisi vertikal apartemen dan udara panas akan mengakibatkan tanaman kekurangan air. Hal ini benar, tetapi bukan berarti Anda harus menyiram secara berlebihan. Kadar air yang terlalu banyak justru akan mengakibatkan tanah pada pot banjir dan akar mati. Siramlah tanaman secukupnya dan sesuai dengan jenisnya karena air juga berfungsi untuk fotosintesis serta menjaga tamanan tetap segar dan subur.

4. Jangan Lupa Beri Pupuk

Meskipun tanaman khas apartemen, seperti kaktus dan lily paris termasuk jenis tanaman yang tahan banting, bukan berarti Anda mengesampingkan pentingnya pupuk. Bukan mustahil hama akan datang menyerang pertumbuhan tanaman. Jangan lupa untuk memberikan pupuk dengan kadar secukupnya. Jika terlalu banyak, pupuk pada tanah justru akan menarik perhatian serangga. Ada baiknya Anda memilih jenis pupuk yang dilarutkan pada air terutama pada musim panas.

5. Gunakan Pot Khusus Untuk Tanaman Apartemen

Berbeda dengan media tanam pada umumnya, pot untuk tanaman di apartemen biasanya multifungsi. Dari segi bentuk lebih minimalis dan memiliki wadah yang menyimpan air secara otomatis, untuk menjaga kelembapan tanaman. Pot ini juga biasanya di-desain unik dan lebih portable untuk dipindah tempatkan.


Nah, itulah 5 tips yang bisa Anda lakukan agar tanaman bisa tumbuh subur dan segar meski Anda tinggal di apartemen. Selamat bertanam!

Komentar